Logo-Q

Logo-Q
Service,spare-part,notebook/pc,etc

Membuat FlashDisk Bootable


Bagi Anda yang ingin melakukan instalasi sistem operasi dari DVD, namun CD/DVD drive Anda rusak atau bahkan tidak ada CD/DVD drive pada komputer/laptop Anda, tidak perlu khawatir karena Anda dapat menginstall sistem operasi menggunakan USB Flashdisk.
Berikut ini, saya akan menunjukkan cara membuat bootable flashdisk untuk menginstall sistem operasi Windows 7 tanpa menggunakan software bootable disk. Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  1. Persiapkan flashdisk dengan minimal kapasitas 4GB, karena installer Windows 7 berukuran sekitar 3GB. Backup dahulu data-data yang ada di flashdisk karena flashdisk akan diformat.
  2. Persiapkan DVD installer Windows 7 atau image file-nya (misal file .iso , .nrg).
  3. Untuk membuat bootable flashdisk ini, gunakan komputer yang mempunyai CD/DVD drive atau menggunakan virtual drive jika menggunakan image file karena akan diperlukan nantinya.
  4. Saya asumsikan sistem operasi yang Anda gunakan sekarang adalah Windows Vista atau Windows 7 sendiri (sebenarnya Windows XP juga bisa, tetapi ada beberapa langkah yang berbeda). Pada posting ini saya menggunakan Windows 7.
Langkah-langkah untuk membuat bootable flashdisk Windows 7:
1. Masukkan Flashdisk ke USB port.
2. Buka Command Prompt dengan cara klik Start >> All Program >> Accessories >> klik kanan pada Command Prompt >> pilih Run As Administrator. (Ingat, harus Run As Administrator, jika klik biasa, ada beberapa perintah tidak bisa berjalan dengan lancar)
3. Ketik perintah diskpart, tekan Enter. Maka prompt akan berubah menjadi DISKPART>
4. Selanjutnya ketik list disk untuk menampilkan disk yang tersedia pada komputer Anda. Selanjutnya akan muncul list disk yang ada di komputer Anda. Flashdisk Anda adalah disk dengan ukuran sekitar 3700 - 3800 MB jika Anda menggunakan flashdisk 4GB.
5. Lakukan format terlebih dahulu pada flashdisk. Jangan lupa backup data-data Anda. Ketik peritah - perintah berikut. Dalam langkah ini Anda harus memasukkan semua perintah di bawah ini satu per satu lalu tekan enter.
select disk 1 -> 1 adalah disk yang ingin diformat, silahkan sesuaikan dengan keperluan Anda
clean
create partition primary
select partition 1
active
format fs=NTFS
assign
exit
Jangan tutup jendela command prompt.




















6. Setelah berhasil diformat, selanjutnya kita akan membuat flashdisk menjadi bootable dengan bantuan utilitas bootsect yang terdapat pada Windows Vista maupun Windows 7.
7. Masukkan DVD Windows 7 pada DVD Drive komputer Anda atau bisa juga dari file .iso dengan virtual drive. Catat drive letter DVD Drive dan Flashdisk.
8. Lalu ubahlah ke direktori dimana DVD tersebut berada, dengan perintah:
F:

F:cd boot
Dengan F adalah drive DVD, sesuaikan dengan drive DVD Anda.
9. Gunakan bootsect untuk membuat flashdisk kita menjadi bootable. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah:
bootsect /nt60 G:
Dengan G adalah drive flashdisk, sesuaikan dengan drive flashdisk Anda.








Sekarang Anda dapat menutup windows command prompt Anda.
10. Copy-lah semua file instalasi yang ada di DVD drive Anda (dalam tutorial ini adalah F) ke flashdisk Anda (dalam tutorial ini adalah G).
11. Bila semua file telah di-copy, sekarang flashdisk Anda telah bisa bootable. Anda dapat mengetesnya dengan melakukan booting melalui flashdisk.
That `s it....

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...