Logo-Q

Logo-Q
Service,spare-part,notebook/pc,etc

Install Dual O.S ....gampang.....!!!

Cara Termudah Dan Tersingkat Instalasi Dual OS

Lagi-lagi artikel jadul yang masih sering di cari orang hehehe… kenapa ya banyak sekali orang yang bingung cara install dual OS didalam satu komputer? Soalnya kebanyakan artikel yang ditulis pakar-pakar itu memusingkan dan terlalu mendetail serta panjang lebar naijubilah jadinya yang baca malah bingung  bin bengong *ngakak* nih saya kasi tau cara termudah dan tersingkat instalasi dual OS di satu komputer. Software yang diperlukan sebenarnya bisa pakai apa saja yang penting fokusnya tentang partisi dan format partisi, tapi biar lebih mudah saya sarankan pakai saja program partition magic.
Seperti kita ketahui windows umumnya bisa di install pada partisi dengan format FAT32/NTFS sedangkan rival temannya maunya beda… mintanya partisi dengan format EXT3 (ga tau alasannya kenapa… mungkin karena sudah dari sananya ya?! hahaha jawaban yang singkat dan jelas!! gak jadi pusing kan??) terus kalau kita pengen dua-duanya dalam satu komputer bagaimana? ya sudah bagi dan format saja partisinya ngapain kok harus pusing.
Langkah-langkahnya (percobaan saya dengan windows xp dan ubuntu) :


   1. Siapkan dan bagi partisi harddisk menjadi 3 yaitu, FAT32/NTFS buat windows (saran saya fat32 saja biar bisa dibaca windows dan keluarga *nix) lalu EXT3 untuk linux lalu tambahkan satu lagi EXT3 untuk swap linux.
   2. Install miekocok Windows.
   3. Install pegel linux.


Selesai deh kalau semua langkah sudah selesai pada waktu booting nanti keluar pilihan windows atau linux……. mudah kan? gitu aja kok repot… gitu aja kok repot…

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...